Kamis, 21 Juli 2011

Pantai Rancabuaya, Garut, Jawa Barat

Melepas stress karena setelah beberapa hari bekerja alangkah sangat nikmatnya. Hal itu bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan, melakukan hobby seperti membaca, gowes, fotografi, blogging, biker, travelling, dan lain sebagainya. Salah satu kegiatan itu travelling ke tempat-tempat wisata. Tempat wisata di Indonesia sangat banyak, terutama di wilayah Jawa Barat.
Wisata alam di daerah Jawa Barat bisa dinikmati dari Gunung sampai Pantai, dari Hulu sampai Hilir, semuanya indah untuk dinikmati. Salah satu daerah yang belum terlalu banyak digali dan terjamah yaitu di daerah Kabupaten Garut.
Berbicara dan menyimak berita tentang daerah Garut, orang akan sync/terbayang/teringat akan makanan khas daerah ini Dodol Garut, ataupun rekreasi pemandian air panas di daerah Cipanas Garut. Namun, jarang orang mengetahui keindahan beberapa pantai di Kapubaten Garut, bahkan masyarakat Garut sendiri. Dengan daerah dibatasi oleh Samudera Hindia dibagian selatan, Garut menawarkan wisata alam pantai yang layak untuk dinikmati, deburan ombak yang besar, angin yang sepoi-sepoi, pasir putih yang terhampar luas, karang-karang yang kokoh, suasana sunrise dan sunset yang mempesona, serta keindahan alam lainnya.


Salah satu dari deretan pantai di selatan Garut, Pantai Rancabuaya, berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Daerah pesisir pantai ini berupa hamparan pasir putih halus yang panjang dengan tingkat abrasi yang kecil. Di sepanjang pantai ini tumbuh pohon kelapa dan pohon ketapang. Pantainya yang belum banyak terjamah, menyebabkan lingkungan disini bersih dan sejuk. Selain itu karena jauh dari pusat keramaian, membuat suana tenang dan jauh dari kebisingan.
Bagi para pecinta fotography , Pantai Rancabuaya menawarkan spot-spot menarik untuk diabadikan. Biru langit, deburan ombak, pecahan ombak dikarang, perahu-perahu nelayan yang sedang merapat, keindahan sunset dan sunrise yang banyak bisa diabadikan dalam slow-speed.
Bagi para pecinta kuliner, layaknya dibanyak pantai-pantai, Pantai Rancabuaya juga menawarkan keaneka ragaman kuliner seadfood dengan harga yang cukup , murah serta nikmat. 
Disepanjang pantai Rancabuaya juga terdapat penginapan dan villa, dengan fasilitas lumayan, dan harga relatif murah, menambah lengkap pantai ini. Anda bisa menghabiskan liburan disini dengan nyaman.

Untuk dapat menjangkau pantai ini tidaklah terlalu sulit. Anda bisa melaluinya dari Cianjur, Pengalengan, ataupun dari Garut. Akses jalan yang cukup lebar dan jalan sudah beraspal bagus, membuat perjalanan lebih menyenangkan. Jika Anda dari Cianjur, setelah sampai di Cidaun, lanjutkan perjalanan Anda sekitar 25 km ke arah timur, dan jika Anda berangkat dari Garut, setelah di Pameungpeuk, lanjutkan perjalanan Anda sekitar 30 km ke barat. Dengan harga retribusi masuk Rp. 2000,- tempat ini dapat dijadikan alternatif wisata liburan. Happy Holiday and Enjoy It!!!


{English Version}
Unwind after a day of work because it would be very delicious. This can be done with a variety of activities, doing hobbies such as reading, biking, photography,blogging, traveling, and so forth. One of the activities that are traveling to tourist attractions. Tourist attractions in Indonesia very much, especially in West Java.
Nature tourism in the area of West Java, can be enjoyed from Mountain toCoast, from upstream to downstream, everything is beautiful to enjoy. One area that has not been too many explored and unexplored area that is in Garut regency.
Talking and listening to news about the Garut region, people will sync / imagined/ thought of food typical of this area "Dodol Garut", or hot spring recreation areas Cipanas Garut. However, very few people know the beauty of several beaches in Garut, even society itself. With the area bounded by the southern Indian Ocean, Garut offers natural attractions to enjoy a decent beach,big waves, a gentle breeze, a sprawling white sand, coral-reef that is strong, the atmosphere of a stunning sunrise and sunset, and other natural beauty.

One of a row of beach in the south of Garut, Rancabuaya Beach, located in the Village Purbayani, Caringin district, Garut Regency. Coastal areas in the form offine white sand that long with a small abrasion levels. Along this beach, palm trees grow. The beach that has not been touched, causing the environment here is clean and cool. Besides being away from downtown, making the atmosphere quiet and away from the noise.
For the lovers of PhotographyRancabuaya offers interesting spots to preserve. Blue sky, waves, surf authorship, fishing boats are docked, the beauty of sunset and sunrise that much could be enshrined in the slow-speed.For foodies, like in many beaches, Beach Rancabuaya also offers culinary diversity of seafood the price is quite cheap and delicious. Rancabuaya along the coast there is also a lodge and villas, with good facilities, as well as a relatively cheap price, add to complete this beach. You can spend a holiday here in comfort.
To reach this beach is not too difficult. You get through it from CianjurPangalengan, or from Garut. Access roads are wide enough and good road is paved, making travel more enjoyable. If you are from Cianjur, after arriving at Cidaun, continue your journey of about 25 km to the east, and if you depart from Garut, after the Pameungpeuk, continue your journey of about 30 km to the west.With the price of entrance fees of Rp. 2000, - this place could be an alternative holiday travel. Happy Holiday and Enjoy It.

2 komentar: