Jumat, 16 September 2011

Wisata Rohani


Liburan merupakan hal yang banyak dinanti-nanti setiap orang. Stress karena pekerjaan banyak dan tekanan pekerjaan akan sedikit terobatai dengan adanya liburan. Liburan bisa dilampiaskan dengan berbagai macam wisata. Sekarang sudah banyak macam wisata, seperti wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja dan wisata rohani. Bandung merupakan salah satu kota dari sebagian banyak kota yang komplit memiliki macam-macam wisata. Salah satu wisata itu adalah wisata rohani. Wisata Rohani pada tahun-tahun terakhir juga semakin marak. Kunjungan ke masjid-masjid dan pondok pesantren merupakan contoh wisata rohani. 
Rasulullah saw. bersabda:
“Telah dijadikan untukku (dan untuk umatku) bumi sebagai masjid dan  sarana  penyucian  diri”.  (HR  Bukhari  dan Muslim melalui Jabir bin Abdullah)
Masjid berfungsi sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan jiwa sosial melalui sholat jamaah, sarana peningkatan intelektualitas melalui kajian-kajian dan ta'lim, sarana peningkatan kehidupan manusia melalui pemberdayaan zakat, infaq dan shadaqah. Dapat dikatakan masjid bisa dijadikan pusat segala kegiatan kaum muslim. Dalam kaitannya dengan wisata rohani, masjid dapat memberikan ketenangan dan ketentraman para pengunjung dan lingkungan sekitarnya. 
Langsung saja, berikut beberapa masjid ternama di sekitar Kota Bandung:
  • Masjid PUSDAI
Masjid Pusdai
Islamic Center
Masjid yang berada di Jalan Diponegoro No. 63 Bandung ini adalah Islamic Center di Jawa Barat dan khususnya dikawasan kota Bandung. Masjid PUSDAI berfungsi sebagai sarana pengembangan dan penyebaran Islam serta budaya Islam di Jawa Barat. Dengan kapasitas bisa mencapai bisa lebih dari 10000 jamaah, masjid ini tergolong luas dan ramai oleh jamaah. Selain untuk penyelenggaraan sholat jamaah sholat lima waktu dan sholat jumat, Masjid PUSDAI mengadakan kegiatan seperti kajian islam, ta'lim, mabit, belajar Al-Quran, belajar bahasa Arab, penyelenggaraan akad nikah, bedah buku dan pengumpulan zakat, infaq, dan shadaqah serta banyak agenda kegiatan lainnya. Potensi dari infaq sholat berjamaah jumat minggu lalu sekitar 4 juta, jika dalam setahun bisa sekitar 200 juta, bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat tidak mampu disekitar serta pengembangan Islam.
  • Masjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung
Ruang Utama Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung atau yang biasa dikenal Masjid Agung Bandung berada di alun-alun kota Bandung, Jalan Asia-Afrika beberapa meter dari Gedung Merdeka. Masjid ini selain fungsi utamanya untuk penyelenggaraan sholat berjamaah, sering digunakan untuk kegiatan lain seperti ta'lim, kajian, dzikir bersama, dan yang sering adalah digunakan untuk beristirahat masyarakat yang melakukan aktifitas disekitar masjid. Selain luas masjid yang luas, Masjid Raya Bandung juga dilengkapi dengan basement parkir yang luas juga serta halaman masjid yang luas. Dengan banyaknya aktifitas berdagang dan posisi di alun-alun kota Bandung, Masjid ini selalu ramai oleh jamaah. Dengan arsitektur dalam masjid bernuansa Arab serta sejuknya suansa semakin menambah nilai tambah masjid ini. Dua tower menjulang tinggi membuat ciri khas tersendiri dan bisa dijadikan kompas jika Anda tersesat di Bandung.
  • Masjid Daarut Tauhid
Daarut Tauhid

Masjid Daarut Tauhid
Masjid yang berada dikawasan Pondok Pesantren Daarut Tauhid Pimpinan K. H. Abdullah Gymnastyar di Jalan Geger Kalong Girang ini, selalu ramai oleh santriwan-santriwati serta jamaah baik dalam maupun dari luar kota. Masjid dengan kapasitas 1500 orang yang tersusun dari 3 lantai ini bisa membludak saat diadakan pengajian kamis malam maupun pengajian ahad pagi. Anda dari luar kota? Jangan takut disekitar kawasan masjid banyak tersedia penginapan dan hotel dari MQ. Anda juga lapar? Jangan khawatir, banyak kuliner disekitaran masjid ini. Nyaman dan sejuknya lokasi ini karena tidak jauh dari Lembang, menambah nilai tambah masjid dan area sekitar lokasi.
  • Masjid Al-Ukhuwah
Masjid Al-Ukhuwah

Ruang Utama Masjid Al-Ukhuwah
Masjid Al-Ukhuwah Bandung, yang terletak ditengah kota, berada didekat Balai Kota Bandung , Jalan Wastu Kencana adalah salah satu alternatif Anda berwisata rohani. Karena lokasinya di pusat kota, Anda bisa dengan mudah melakukan liburan Anda tanpa melupakan untuk beribadah kepada Sang Khalik. Masjid ini sering juga digunakan untuk acara akad nikah dan pesta pernikahan yang dilakukan di bsaement masjid.
  • Masjid Syamsul Ulum STT Telkom
Masjid Syamsul Ulum
Masjid Syamsul Ulum berada dikawasan kampus STT Telkom, Jalan Telekomunikasi, Terusan Buah Batu, Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung. Seperti di kampus lainnya, Masjid Syamsul Ulum  ini merupakan bagian integral kampus STT Telkom, dalam upaya mendidik manusia Indonesia seutuhnya. Pembinaan intelektual dilakukan di fasilitas-fasilitas akademis kampus, sedangkan masjid punya peranan dalam membentuk mental, spiritual, dan kepribadian sivitas akademika. Jadi melalui pembinaan mental dan spiritual melalui kegiatan keagamaan seperti mentoring, ta'lim, liqo dan lainnya diharapkan telecommunication engineer lulusan kampus ini selain memiliki intelektual tinggi juga memiliki IMTAQ. Kapasitas jamaah bisa lebih dari 2000 orang.
  • Masjid As-Sa'adah, Ciater
Masjid As-Sa'adah
Anda sedang berliburan di pemandian air panas dikawasan Ciater, jangan lupa untuk sholat berjamaah di Masjid As-Sa'adah. Masjid dengan gaya arsitektur Persia, menambah keunikan masjid ini, ditambah dinginnya suasana sejuk dan dinginnya daerah Ciater, sangat cocok bagi Anda yang menginginkan ketenangan dan kenyamanan. Di kawasan masjid juga disediakan sarana hotel. Anda juga bisa menikmati segarnya buah strawberry petik sendiri yang ada diladang petani disekitar masjid.

  • Masjid Al-Irsyad, Padalarang
Masjid Al-Irsyad
Masjid yang diresmikan pembangunannya pada Jumat, 27 Agustus 2010 atau bertepatan dengan 17 Ramadhan 1431 H bersamaan dengan peringatan Nuzulul Qur'an ini memiliki arsitektur yang unik. Dengan konsep modern minimalis serta penggabungan ornamen islami, membuat masjid yang berada di komplek Kota Baru Parahyangan ini unik. Pada masing-masing dinding utama masjid terdapat lubang angin dengan corak berlafalkan kalimat tahlil "Laa ilaaha illallah, muhammaddarrasulullah", yang bermakna "Tiada tuhan selain Alloh dan Nabi Muhammad utusan/rasul Alloh". Jika kita menelisik masuk, dapat dilihat, kita sholat menghadap hamparan luas landscape tanpa halangan dinding. Pada langit-langitnya terdapat 9 x 11 Asmaul Husna.

Selain digunakan untuk kegiatan sholat berjamaah lima waktu, masjid Al-Irsyad juga sering digunakan untuk kajian Islam, kajian Dhuha, bedah buku dan kegiatan Islam lainnya. Anda akan nyaman ddan tenang bila berada di masjid ini, selain karena siraman rohani, adanya gemericik air didepan mimbar menambah kenyamanan Anda

Mimbar Masjid Al-Irsyad
Sempatkanlah ke masjid Al-Irsyad jika Anda berwisata ke Bandung ataupun mengunjungi Kota Baru Parahyangan, Padalarang. Dengan dukungan fasilitas yang lengkap karena berada di kawasan komplek Kota Baru Parahyangan, jalan mulus, keamanan terjamin, parkir luas, hotel, sekolah, rumah sakit dan dekat dengan gerbang tol Padalarang. Insya Alloh liburan atau wisata Anda akan lebih bermakna.

3 komentar:

  1. Assalam.
    gambarnya bagus2 :)
    sepertinya ini hanya masjid di daerah jawa barat ya??
    hmm,, gk ada salahnya Ibu mampir ke malang di daerah turen, ada masjid indah nan elok...

    bangunannya seperti bukan di Indonesia, subhanallah :)

    BalasHapus
  2. Waslm.
    Terimakasih commentnya. Iya, pernah denger, yg katanya mbangunnya seperti sekejap semalam ya.
    Untuk sementara lagi update untuk daerah jawa barat:)
    Terimakasih sudah mampir

    BalasHapus
  3. Thanks infoy mas bro...dan mari kenalan dg kami di http://livingmail.blogspot.com komentar, kritik dan saran di tunggu ya, salam hangat...

    BalasHapus